Pada Masa Pandemi Tren Belanja Online Meningkat 3 Kali Lipat di Awal Ramadhan 2021

Jakarta - Continuum Data Indonesia melaporkan tren belanja online meningkat tiga kali lipat di awal Ramadan 2021. Hal tersebut diperoleh melalui riset terkait perilaku konsumen di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan pada 1 April hingga 25 April 2021.

"Peningkatan tren belanja online hingga 3 kali lipat itu tercapture dalam pendekatan melalui large data secara yang mencakup 1,204,102 pembicaraan di media sosial dari 934,671 akun media sosial," imbuhnya dalam acara Diskusi Online Indef bertajuk Ekonomi Ramadan 2021, Lesu atau Bergairah? Analisis Perilaku Konsumen Melalui Pendekatan Big Data, Senin (3/5).

Azzam mengungkapkan, adanya kenaikan tren belanja online di awal bulan puasa tersebut tak lepas dari dampak pandemi Covid-19. Menyusul terbatasnya ruang gerak masyarakat untuk beraktivitas di luar rumah selama pandemi berlangsung.

"Jadi, mungkin karena pandemi orang juga masih banyak memutuskan untuk belanja secara online," terangnya.

Sementara itu mayoritas topik pembicaraan tren peningkatan belanja online di media sosial banyak disumbang oleh terkait pencarian baju lebaran. "Sekitar 26 persen konsumen yang membicarakan soal baju lebaran," terangnya.

Topik selanjutnya yang ramai diperbincangkan terkait belanja online ialah drama online store, diskon online shop, serta kuis dan giveaway oleh sejumlah shopping. Kemudian topik hangat lainnya yaitu rekomendasi barang dan toko, ikut program berhadiah, hingga dapetin diskon belanja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Polisi Berhasil Menangkap Aksi Premanisme Pemalakan Supir Truk di Jakarta Selatan

Kasus Terkait Dugaan Pencabulan Terhadap Anak di Bawah Umur Oleh Seorang Guru Agama di Jakbar, Polisi Persilakan Bila Ada yang Mau Membuat Laporan

Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Mutilasi di Bekasi yang di Duga Ada 3 Orang, 2 Orang Sudah di Amankan